Cara Merawat Aglaonema Agar Tumbuh Subur dan Cepat Beranak






Cara Merawat Aglaonema Agar Tumbuh Subur dan Cepat Beranak

Saat ini banyak orang mencari Aglonema atau yang dulu namanya adalah "Sri  Rejeki". Daya tarik utamanya ada pada keindahan  yang terpancar dari daunnya, membuat orang sangat ingin memeliharanya. Oleh karena itu tanaman ini juga disebut sebagai "Ratu Daun". Jika kamu tertarik memelihara Aglonema, maka disarankan mengenali lebih dulu Cara Merawat Aglaonema Agar Tumbuh Subur dan Cepat Beranak berikut ini.



1. Perhatikan media tanam.
Gunakan media tanam seperti habitat aslinya. Direkomendasikan menggunakan tanah organik, tanah yang berasal dari sisa tumbuhan dan hewan sangat baik untuk pertumbuhan si Ratu Daun ini.


2. Jangan terlalu sering disiram.
Habitat asli tumbuhan ini berada di bawah hutan hujan tropis, dan tumbuh baik di daerah dengan intensitas sinar matahari rendah dan kelembaban tinggi. Oleh karena itu Aglaonema cukup disiram 2 - 3 kali dalam seminggu. Gunakan Air bersih untuk menyiram tanah dan daunnya agar bersih dari debu dan bakteri.


3. Jangan taruh dibawah sinar matahari secara langsung.
Jika kamu melalukan ini, bisa dipastikan daun akan berubah kuning dan akhirnya menjadi layu. Jika ingin meletakkan tanaman ini diluar rumah, sebaiknya kamu memasang paranet sebagai pelindung. Bisa juga diletakkan dibawah pohon alpukat, mangga, jambu atau apapun jenis tanaman yang rindang.


4. Beri pupuk.
Kamu bisa menggunakan  pupuk tanaman cair dengan frekuensi sebulan sekali di musim panas. Saat mulai beralih ke musim hujan, kamu bisa memperlambatnya menjadi beberapa bulan sekali. Kemudian pada musim penghujan dianjurkan tidak melakukan pemupukan . Selain itu bisa juga menggunakan pupuk alami seperti kompos, atau air sisa cucian beras. Untuk air cucian beras ini siram pada tanah ya, jangan disiram pada daun atau batang tanaman.



5. Perawatan tambahan
  • Pangkas daun yang sudah mulai menguning ataupun kering. Kamu tidak mau kan daun yang sudah layu tersebut merusak keindahan tanaman.
  • Lap bagian daun menggunakan spons halus agar warna dan coraknya tetap tampak mengkilap. Karena daun yang berdebu bisa mengundang penyakit yang bisa membuat Aglaonema mati.
  • Gemburkan tanah minimal 1 bulan sekali untuk mempermudah tumbuhnya anakan. 




Nah, itulah beberapa cara merawat Aglonema agar tumbuh subur dan indah. Semoga bisa dijadikan referensi ya.

Photo credit : Mba Dini šŸ˜Š

0 Response to "Cara Merawat Aglaonema Agar Tumbuh Subur dan Cepat Beranak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel